Mengenai Saya

Foto saya
jika saya menilai diri saya sendiri maka sudut subjektif akan selalu menemani dengan setia maka alangkah lebih baiknya pembaca blog saya yang menilai tentang saya.

Selasa, 30 Agustus 2011

Serba serbi mengenai Iedul Fitri 1432 Hijriah



Takbir telah bergema. Takbir, adalah seruan Allahu Akbar ("Allah Maha Besar") yang merupakan sebuah kalimat dalam bahasa Arab, artinya ialah Allah Maha Besar/Agung. Seruan ini dikumandangkan oleh umat Muslim untuk memuliakan nama Tuhan atau asma Allah.
Umat muslim setelah mengalami Puasa dalam bulan Ramadhan selama 30 hari (digenapkan karena hilal dianggap tidak terlihat) akan menghadapi hari yang fitri. Hari dimana semua manusia saling menghapus noda-noda dosa yang ada terhadap manusia dan Tuhannya.
Umat Islam di Indonesia mengenal tradisi saling memaafkan ini dengan nama LEBARAN. Lebaran sebenarnya adalah ungkapan orang Jawa yang maksudnya membuka pintu maaf dengan LEBAR. Karena mengalami pelebaran makna maka makna LEBAR yang dimaksud menjadi LEBARAN yakni saling memaafkan dengan cara bersalaman dan saling mengunjungi satu sama lain.
Ketika lebaran, semua manusia seperti dilahirkan kembali. Percis seperti anak kecil yang tiada dosa. Menyikapi manusia yang baru tersebut, manusia Indonesia akan mensimbolkan dengan sesuatu yang baru, bisa dari baju baru, telana baru, topi baru, mobil baru, motor baru, pacar baru (lho??), istri baru (walah?!?!. Manusia indonesia adalah manusia yang sangat suka mensimbolkan sesuatu yang menjadi “ciri khas”. Selain dari sesuatu yang baru, tradisi yang tidak terlupakan adalah mudik. Mudik adalah pulang kekampung halaman dimana ayah maupun ibu tinggal disana. Berlebaran dengan keluarga inti maupun keluarga besar adalah kenikmatan yang tiada kira, itu alasan mereka yang pulang walaupun ada pula manifes-manifes yang lain. Dan pastinya yang menjadi ciri khas ketika lebaran adalah ketupat. Segala macam lauk pasti akan berteman dengan ketupat sebagai sahabat, ketupat memang sangat familiar saat Lebaran.
Kemudian kata-kata yang sering terucap saat lebaran adalah ucapan minal 'aidin wal faizin, Yang sering salah kaprah adalah ucapan tersebut biasanya diikuti dengan "mohon maaf lahir dan batin". Jadi seolah-olah minal 'aidin wal faizin itu artinya mohon maaf lahir dan batin. Padahal arti sesungguhnya bukan itu. Minal 'aidin artinya dari golongan yang kembali. Dan wal faizin artinya dari golongan yang menang. Jadi makna ucapan itu adalah semoga kita termasuk golongan yang kembali (maksudnya kembali pada fitrah) dan semoga kita termasuk golongan yang meraih kemenangan. Seharusnya kata-kata yang diucapkan adalah taqabbalallahu minna wa minkum  (Semoga amal ibadah kita diterima Allah). Tapi biarlah, yang penting maksud atau substansi kita sudah mengerti yang intinya untuk menuju kebaikan. Insya Allah.
Menutup tulisan ini, saya Andie Achmad mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum Selamat hari raya Iedul Fitri 1432H semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah S.W.T mohon maaf atas segala khilaf yang sering saya perbuat.
“maka barang siapa berbuat kebaikan, sekalipun seberat zarah niscaya ia akan melihat balasannya” QS: Al Zilzal – 7.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar