Mengenai Saya

Foto saya
jika saya menilai diri saya sendiri maka sudut subjektif akan selalu menemani dengan setia maka alangkah lebih baiknya pembaca blog saya yang menilai tentang saya.

Senin, 06 Februari 2012

Iklan hari ini

Hari ini kita membicarakan tentang realita media “propaganda” Indonesia, atau bahasa kerennya kita menyebut ini dengan IKLAN. Iklan adalah suatu bentuk promosi sesuatu untuk menarik konsumen/pembeli agar membeli produk yang diceritakan. iklan disini yang saya maksud adalah iklan di televisi. Iklan mempunyai durasi yang amat dibatasi.
iklan adalah sarana propaganda "andie"
Menurut saya iklan itu terbagi tiga macam. Iklan yang pertama adalah iklan yang baik, yakni iklan yang tidak lebay dan tepat pada fokus “jualan” dan menggunakan kata2 yang santun. Kedua iklan tidak fokus, yang berisikan materi iklan dengan artis yang menggunakan produk yang dijajakan (berasa aneh ga, ketika penyayi dangdut promosi tentang oli motor??apakah ketika nyayi, dia minum oli dulu biar jadi top one??), ketiga adalah iklan yang menghujat produk lain yang satu genre, sangat provokatif dan penuh dengan penghinaan secara halus (majas sebaliknya), pernah ngeliat penyayi es campur bilang “bukan rasa-rasa?” dikira kita semua ngga ngerti kalo dia lagi ngecengin produk minuman tetangga extra nyoss??. Itulah dinamika iklan di Indonesia, kadang miris juga melihat iklan gak bermutu dan tidak mendidik.
Iklan adalah sarana komunikasi untuk menjaring publik membeli barangnya, di Indonesia iklan yang paling tidak nyambung menurut saya adalah iklan produk rokok. Mungkin karena ada peraturan yang tidak boleh mempertontonkan adegan menghisap rokok makanya iklan rokok paling aneh, mulai dari bermain dengan macan, bikin drive thru,crew dangdut keliling dan banyak lagi keanehan yang ada, namun yang lebih anehnya lagi produk rokok yang diiklankan laku!! Hahaha kalo menurut saya tanpa di iklankan pun produk rokok memang pasti laku, karena di Indonesia anak SD saja sudah ngerokok, kalo di tarik perbandingan, yang berhenti satu orang (karena mati) tapi yang belajar ngerokok ada tiga orang jadi tidak masalah mati satu tumbuh seribu (bahasa puitisnya)hehe
Kembali kemasalah iklan, iklan yang baik adalah yang mempunyai visi dan misi yang jelas, atau lebih baik simple tapi mengena, ga perlu lebay dengan segala sesuatu yang ngga nyambung. that suck man!! Atau menghina, (kalo mau menghina produk sendiri aja, kaya Tukul) asaal jangan megang p*nt*t aja yaa (sori kelepasan om tukul)hihihi :p oke itulah opini saya mengenai iklan yang marak kita lihat ditelevisi, yang memang tontonan wajib kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar