Mengenai Saya

Foto saya
jika saya menilai diri saya sendiri maka sudut subjektif akan selalu menemani dengan setia maka alangkah lebih baiknya pembaca blog saya yang menilai tentang saya.

Minggu, 07 April 2013

Saran untuk pembicara





                Saya menulis tulisan ini karena terinspirasi setelah menjadi peserta dari acara motivasi yang dipromosi oleh salah satu penerbit buku ternama. Awalnya saya berharap mendapatkan sesuatu yang baru, namun pada awal pembicaraan sang pemberi materi berkata “saya mengulang serta akan mengingatkan”, awalnya saya tak mengerti namun akhirnya mengerti pula setelah menjalani semua. Tenyata materi yang diberikan sudah pernah diberikan setahun yang lalu, saya langsung teringat kata-kata Albert Einstain “jika anda melakukan pekerjaan yang sama dengan cara yang sama serta menghasilkan yang lebih maka anda salah!”
                Saya tidak ingin membahas tentang materi sang motivator yang saya anggap gagal memberikan materi, hal itu bisa saya lihat dari audience yang tidak tertarik, asyik dengan handphone maupun mengobrol dengan teman. Yang menjadi perhatian saya malah mengapa dia gagal?? Saya mengambil banyak makna dalam kegagalan orang. Point yang saya maksud adalah:
1.       Jika dalam 10 menit awal kita sudah tidak diperhatikan maka jangan harap anada akan terus diperhatikan sampai akhir
2.       Berpenampilan biasa tidak akan menimbulkankesan yang mendalam, berpenampilanlah lebih, karena penduduk Indonesia majoritas selalu menilai dari luar
3.       Lihat situasi audience, analisis kegagalan kita, jangan bersikap emosional karena pastinya merugikan diri sendiri
4.       Jadikanlah sebuah pertemuan sebagai wadah sharing, jangan terlalu mengambil alih pembicaraan jika anda bukan pembicara, jika pembicaraan anda sudah out of topic jangan diperpanjang!
Demikian hal yang harus kita perhatikan jika suatu hari anda menjadi pembicara, berbicara didepan umum, berikanlah sesuatu yang berbeda, inovasi kita ditunggu dunia, berkreasilah anak bangsa! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar